Jumat, 06 Februari 2015

SOAL PEKAN ULANGAN A/C STRUCTURE III EA

SOAL PEKAN ULANGAN  A/C STRUCTURE  III EA

1.    Daerah tempat mengikat safety belt yang sering digunakan yaitu;
A.   struktur samping, struktur atas (ceiling), lantai (floor) dan langsung kedepan
B.   struktur samping, struktur depan (front), lantai (floor) dan langsung ke atas
C.   langsung kepada struktur kursi tempat duduk yang terpasang di lantai (floor)
D.   langsung kepada struktur konstruksi rangka pesawat dimana kursi terpasang
E.   langsung kebelakang, struktur atas (ceiling), struktur samping dan lantai

2.    Cara mengikat safety bellt pada pasangers compartment yaitu
A.   struktur samping, struktur atas (ceiling), lantai (floor) dan langsung kedepan
B.   struktur samping, struktur depan (front), lantai (floor) dan langsung ke atas
C.   kepada struktur kursi tempat duduk dan kepada struktur rangka pesawat
D.   langsung kepada struktur konstruksi rangka pesawat dimana kursi terpasang
E.   langsung kebelakang, struktur atas (ceiling), struktur samping dan lantai

3.    Semua daftar pesawat udara sipi yang terdaftar di Indonesia sesuai pasal 9 UU No.15 tahun 1992 harus dirawat oleh Dir Jen Per Udara. Daftar tersebut meliputi … kecuali
A. nomer seri/serial number pesawat udara
B. nama pemilik dan alamat pemilik pesawat udara
C. nama operator dan alamat operator pesawat udara tersebut
D. tanda kebangsaan pemilik  dan tanda pendaftaran pesaewat
E. tanda pendaftaran pesawat menurut manufacture pembuat pesawat

4.    Persyaratan tahap I yang harus dipeenuhi bagi pemilik pesawat udara sipil di Indonesia diantaranya ialah … kecuali
A.   mengajukan permohonan pendaftaran pesawat udara
B.   menyerahkan salinan bukti kepemilikan pesawat udara
C.   menyerahkan  Airwortness certificate fir export
D.   menyerahkan salinan surat izin pengadaan pesawat
E.   mengajukan permohonan penempatan tanda pendaftaran dipesawat

5.    Masa berlaku special permit adalah …
A.   2 bulan dan dapat diperpanjang lagi bila pemilik belum dapat menyerahkan persyaratan tahap petama
B.   2 bulan dan dapat diperpanjang lagi bila pemilik belum dapat menyerahkan persyaratan tahap kedua
C.   2 bulan dan tidak dapat diperpanjang lagi bila pemilik belum dapat menyerahkan persyaratan tahap petama
D.   2 bulan dan tidak dapat diperpanjang lagi bila pemilik belum dapat menyerahkan persyaratan tahap kedua
E.   3 bulan dan dapat diperpanjang lagi bila pemilik belum dapat menyerahkan persyaratan tahap kedua

6.    Salah satu syarat tahap kedua yang harus dipenuhi bagi pemilik pesawat udara sipil yaitu:
A.   menyerahkan salinan factur pembelian pesawat yang dimilikinya
B.   menyerahkan salinan laporan pembelian jenis pesawat yang dimilikinya
C.   melaporkan nama operator perawat pesawat terbang dan alamatnya
D.   melaporkan rute operasional baik didalam maupun diluar negeri tempatnya
E.   menyerahkan salinan surat izin pemakaian frequency radio (radio permit)

7.    Self sealing fuel tank pada pesawat militer yaitu:
A.   jenis rigit fuel yang terbuat dari non metallic yang dibuat untuk sementara
B.   terbuat dari bahan yang elastis untuk mengatasi perubahan pergeseran
C.   terbuat dari logam khusus yang anti bocor bila terjadi tegangan geser
D.   yang memiliki sifat khas yang mampu merekat kembali bila terjadi bocor
E.   terbuat dari bahan karet sintetisyang berupa lembaran anti bocor

8.    Padle balance pada a/c balance ialah;
A.   dua buah airfoil kecil yang dipasang pada kedua belah sisi bidang kemudi
B.   sebagian dari bidang kemudi ditempatkan menjorok kedepan dari engselnya
C.   memberikan bandul pemberat yang terletak pada ruang kemudi utamanya
D.   menempatka bandul pemberat langsung pada bagian leading edge kemudi
E.   menempatkan pemberat diluar bidang kemudi dengan bentuk aerodinamis

9.    Dalam perawatan pesawat terbang, NDT berfungsi untuk ….
A.   menentukan kegagalan parsial sebelum melampaui damage tolerance nya
B.   mengetahui batas kerusakan pada material konstruksi pesawat terbang
C.   mengetahui kondisi tolerance material structure yang akan digunakan
D.   menciptakan keadaan yang aman dan nyaman bagi pasangers
E.   jaminan quality control dalam menjaga tolerance material

10. Fatique pada material biasanya terjadi pada beban dinamik, pada saat pesawat melakukan manovre dibanding beban static,karena …. oleh karena itu desain berdasarkan teori kegagalan statik bisa mengakibatkan hasil desain tidak aman atau mengalami kegagalan ketika hasil desain tersebut menerima beban dinamik.
A.   kegagalan ini biasanya terjadi pada level tegangan dibawah yield strength material
B.   failure  terjadi pada saat material mengalami beban statis secara terus menerus
C.   failure  terjadi pada saat material mengalami beban dinamik secara terus menerus
D.   kegagalan ini biasanya terjadi pada level tegangan diatas upper strength material
E.   kegagalan  diakibatkan  fatique karena material mengalami perubahan elastis plastis

11.  Peyebab kegagalan yang terjadi pada material akibat lelah (fatique) adalah 
 akibat dari pembebanan …
A.   yang terjadi secara signifikan pada material diatas tegangan luluhnya
B.   dinamik walaupun intensitasnya lebih rendah dari tegangan luluhnya
C.   dinamik walaupun intensitasnya lebih tinggi dari tegangan luluhnya
D.   statik walaupun intensitasnya lebih rendah dari tegangan luluhnya
E.   statik walaupun intensitasnya lebih tinggi dari tegangan luluhnya

12.  Yang disebut konsep fail safe adalah, jika system …
A.   mengalami kerusakan sebagain, system pengaman bekerja secara otomatis
B.   utama tidak bekerja maka system cadangan dapat  bekerja secara otomatis
C.   dapat mengatur pencegahan kegagalan fatal pada komponen material
D.   mengalami kegagalan , maka langsung dapat dideteksi sedini mungkin
E.   desain pada material untuk mencegah kerusakan akibat lelah (fatique)          
     13. Fungsi utama bulkhead pada knstruksi full monocoque adalah :
           A.  meneruskan bending stress ke seluruh structure kemudian baru ke skin
           B.  menerima gaya gaya dan diteruskan ke longeron, former dan stringers
           C.  menerima beban dari wing dan landing gear diteruskan ke rangka utama
           D.  menerima beban dari wing dan landing gear diteruskan ke corrugated skin
           E.  sebagai pembentuk rangka utuk pemasangan longeron dan stringers

     14. Fungsi utama bulkhead pada konstruksi semi monocoque adalah :
           A.  meneruskan bending stress ke seluruh structure kemudian baru ke skin
           B.  menerima gaya gaya dan diteruskan ke longeron, former dan stringers
           C.  menerima beban dari wing dan landing gear diteruskan ke rangka utama
           D.  menerima beban dari wing dan landing gear diteruskan ke corrugated skin
           E.  sebagai pembentuk rangka utuk pemasangan lngron dan stringers

     15. Funsi utama longeron pada a/c structure ialah :
           A.  menerima beban utama yang diteruskan ke rangka utama dan ke skin
           B.  menerima gaya gaya dari stringers dan diteruskan melalui skin
           C.  memperkuat kedudukan ribs dan mendistribusikan gaya gaya ke stringers dan skin
           D.  sebagai penghubung structur members dan pengikat stringers dan skin
           E.  memperkuat kedudukan former dan mendistribusikan gaya gaya ke stringers dan skin

     16. Funsi utama spar pada a/c structure ialah :
          A.  menerima beban utama yang diteruskan ke rangka utama dan ke skin
          B.  menerima gaya gaya dari stringers dan diteruskan melalui skin
          C.  memperkuat kedudukan ribs dan mendistribusikan gaya gaya ke stringers dan skin
          D.  sebagai penghubung structur members dan pengikat stringers dan skin
          E.  memperkuat kedudukan former dan mendistribusikan gaya gaya ke stringers dan skin

     17. Konstruksi fuselage pesawat terbang narrw body terdiri dari :
          A.  bagian mesin, ruang kemudi atau cockpit dan tail plane atau empenage
          B.  nose sectin, passangers compartment, cargo compartment dan empenage
          C.  nose section, ruang kemudi atau cockpit dan tail plane atau empennage
          D.  ruang navigator, passangers compartment, cargo compartment dan empenage
          E.  ruang kemudi, ruang mesin, ruang penumpang/cargo dan bagian empennage

    18.  Konstruksi fuselage pesawat terbang wide body terdiri dari :
          A. bagian mesin, ruang kemudi atau cockpit dan tail plane atau empennage
          B. nose sectin, passangers compartment, cargo compartment dan empennage
          C. nose section, ruang kemudi atau cockpit dan tail plane atau empennage
          D. ruang navigator, passangers compartment, cargo compartment dan empenage
          E. ruang kemudi, ruang mesin, ruang penumpang/cargo dan bagian empennage

    19. Yang tidak termasuk keuntungan internal tank (didalam wing) yaitu :
          A. mengurangi instalasi instalasi saluran pipa bahan bakar dalam fuselage
          B. menghemat ruangan dalam fuselage, memanfaatkan ruangan dalam wing
          C. menghemat ruangan dalam wing sehingga konstruksinya lebih mudah
          D. mencegah timbulnya konstruksi gas gas fuel dalam passangers compartment
          E. pergeseran centre of gravity relative kecil pada kondisi fuel full maupun emty

     20. Salah satu kelemahan full monocoque construcsion adalah :
          A. bobot pesawat menjadi lebih besar untuk wide body
          B. konstruksi lebih rumit untuk ukuran narrow body
          C. tidak mampu menahan beban berat pada saat gliding
          D. memerlukan corrugated skin untuk kekuatan dan kekompakan
          E. memerlukan bulk head untuk menahan landing gear dan wing
    
    21. Bahan yang baik dan biasa digunakan untuk sabuk pengaman yaitu :
          A. nylon dan cotton
          B. nilon dan dacron                                                 D. benang fiber dan benang kawat
          C. kain fabric dan benang nilon                               E. benang sutra dan dakron

   22. Konstruksi untuk lantai (floor) pada fuselage pesawat udara berbentuk :
         A. semua jenis pesawat dapat menggunakan bentuk honey comb dan sand wich
         B. honey comb untuk beban yang besar dan sandwich untuk beban yang kecil
         C. honey comb untuk beban yang kecil dan sandwich untuk beban yang besar
         D. honey comb untuk kecepatan  tinggi dan sandwich untuk kecepatan rendah
         E. honey comb untuk kecepatan rendah dan sandwich untuk kecepatan  tinggi
          

   23. Wing spar atau disebut juga wing beam selalu memikul dua  beban yang serempak yakni :
         A. side load dan compression  
         B. shear dan bending                                                 D. torsion dan bending
         C. shear dan compressin                                           E. internal load dan external load


   24. Integral tank yaitu termasuk internal yang …
        A. dirakit satu unit dengan wing, sehingga spar, rib dan skin adalah dinding fuel tank
        B. dirakit didalam wing berukuran kecil dan dihubungkan kebeberapa fuel tank lainya
        C. merupakan fuel tank tambahan didalam wing yang digunakan waktu penerbangan extra
        D. konstruksinya dirakit secara terpisah didalam wing dengan pengikat sabuk pengaman
        E. merupakan jenis fuel tank tambahan yang terpasang secara terpisah diluar wing

  25. Separate tank yaitu termasuk internal yang …
       A. dirakit menjadi satu unit dengan wing, sehingga spar, rib dan skin adalah dinding fuel tank
       B. dirakit didalam wing berukuran kecil dan dihubungkan kebeberapa fuel tank lainya
       C. merupakan fuel tank tambahan didalam wing yang digunakan waktu penerbangan extra
       D. konstruksinya dirakit secara terpisah didalam wing dengan pengikat sabuk pengaman
       E. merupakan jenis fuel tank tambahan yang terpasang secara terpisah diluar wing

 26. Collector tank yaitu termasuk internal yang …
       A. dirakit menjadi satu unit dengan wing, sehingga spar, rib dan skin adalah dinding fuel tank
       B. dirakit didalam wing berukuran kecil dan dihubungkan kebeberapa fuel tank lainya
       C. merupakan fuel tank tambahan didalam wing yang digunakan waktu penerbangan extra
       D. konstruksinya dirakit secara terpisah didalam wing dengan pengikat sabuk pengaman
       E. merupakan jenis fuel tank tambahan yang terpasang secara terpisah diluar wing

 27. Yang tidak termasuk macam macam konstruksi separate tank yaitu :
       A. terbuat dari logam
       B. terbuat dari non metalik rigit                                 D. terbuat dari fleksibel – tipe cell
       C. terbuat dari flexible sealing                                  E. terbuat dari self sealing – anti bocor

  28. Rib yang terbuat dari bahan logam dibuat dengan berbagai cara yaitu … kecuali
       A. bult up
       B. buil up double web                                                  D. stamped dengan pipe truss
    C. stamped dengan lubang penguat                           E. stamped cara terpisah

 29. Non metalik rigit tank yang terbuat dari fiber tahan bensin banyak digunakan tangki jenis :
       A. drop tank
       B. collector tank                                                           D. integral tank
       C. over load tank                                                          E. separate tank

 30. Konstruksi movable tail plane pada dasarnya terdiri dari … kecuali
       A. bidang horizontal stabilizer dan elevator
       B. srew (batang ulir) atau sepasang rda gigi                D. torque tube (pipa puntir)
       C. fititing penghubung dengan fuselage                       E. contro wheel atau batang kemudi

 31. Primary flight control surfaces pada pesawat udara terdiri dari ….
      A. control coloumb, control stick dan pedal rudder
      B control columb, elevator dan pedal rudder                  D. elevator, trim tabs dan aileron
      C. elevator, aileron dan rudder                                       E. balance tabs, elevatr dan rudder

32. Konstruksi defferential aileron untuk mengatasi adverse yaw yaitu dengan cara mengatur …
      A. sebagian permukaan dari bidang aileron disebelah depan dari sumbu putarnya
      B. gerakan aileron keatas dengan sudut lebih besar pada waktu bergerak kebawah
      C. sebagian permukaan dari aileron disebelah belakang dari sumbu putarnya
      D. gerakan aileron keatas dengan sudut lebih kecil pada waktu bergerak kebawah
      E. konstruksi bidang aileron balance antara aileron sebelah kanan dan aileron kiri

 33. Konstruksi frise aileron untuk mengatasi adverse yaw yaitu dengan cara mengatur …
      A.  gerakan aileron keatas dengan sudut lebih besar pada waktu bergerak keatas
      B.  sebagian permukaan dari bidang aileron disebelah depan dari sumbu putarnya
      C. sebagian permukaan dari aileron disebelah belakang dari sumbu putarnya
      D. gerakan aileron keatas dengan sudut lebih kecil pada waktu bergerak keatas
      E. konstruksi bidang aileron balance antara aileron sebelah kanan dan aileron kiri



.34.Jenis tabs yang penyetelanya di ground sebelum terbang yaitu ….
       A. servo tab dan balance tab
       B. trim tab dan spring tab                                         D. balance tab dan metal strip
       C. cable cord dan metal strip                                    E. adjustable cord dan metal edge

 35. Dibawah ini adalah jenis jenis slot, kecuali …
      A. slot tetap (fixed slot)
      B. slot yang dapat dikontrol (controllet slot)            D. slot dengan tiupan (blown slot)
      C. slot otomatis (automatic slot)                              E. slot dapat diubah (variable slot)

36. Dibawah ini adalah flap yang dipasang didaerah leading edge  wing ribs, kecuali …
     A. leading edge flap yang bergerak kedepan
     B. leading edge flap yang merunduk                      D.  upper surface leading edge flap
     C. lower surface leading edge flap                          E. leading edge flap dengan engsel

37. Jenis flap yang hanya bergerak kebawah tanpa menambah wing area ialah …
    A. jet flap dan slotted flap
    B. zat flapdan slotted flap                                        D . plain flap dan split flap
    C. Krueger flap dan blow flap                                  E. fowler flap dan fixed flap


38. Kerugian mengguanakan bidang flap ialah …. kecuali
      A. menambah kecakapan khusus bagi pilot
      B. tidak bekerja secara otomatis                           D. sulit mengontrol fligt path
      C. menambah berat konstruksi wing                     E. memperbesar sudut gliding

39. Yang tidak termasuk kelompok jenis bidang flap yaitu :
     A. plain flap, fowder flap, extensible flap, double split flap, zap flap and leading edge flap
     B. krueger flap, split flap, flowder flap, double slotted flap, zat flap and leading edge flap
     C. plain flap, slotted flap, extensible slat, double slotted flap, zap flap and leading edge flap       
     D. blown  flap, split flap, fowder flap,  double slotted flap, krueger flap and leading edge flap
     E  extensible slat, split flap, plain flap, double slotted flap, krueger flap and leading edge flap

40. untuk pesawat narrow body biasanya bidang flap dikontrol dengan menggunakan …
     A. perantaraan pipa tekan tarik dan bell crank dengan system momen
     B. perantaraan pipa tekan tarik dan bell crank dengan system hidrolik
     C. perantaraan control cable dan bell crank dengan system momen
     D. perantaraan control cable dan bell crank dengan system hidrolik
     E.bosted pump dan pipa pipa hidrolik sebagai tenaga penggerak

41. Fungsi turn bunkle pada flight control system adalah ….
     A. mengukur ketegangan cable control pada waktu di ground
     B. mengatur ketegangan cabe control pada waktu terbang
     C. menentukan kekuatan cable control  sebelum dipasang
     D. memeriksa ketegangan cable control sesudah terbang
     E. mengatur ketegangan cable control pada waktu di ground

42. Macam macam jenis air brake dibawah ini adalah ….
      A. dive brake, thrust reverse, bidang flap, disc brake dan plit brake
      B. speed brake, thrust reverse, bidang flap, spoiler dan split tail cone
      C. groung brake, thrust reverse, bidang flap, spoiler dan split tail cone
      D. speed brake, thrust reverse, paying parasit, spoiler dan split brake
      E. dive brake, thrust reverse, bidang flap, disc brake dan split tail cone

43. Track pada under carriage aircraft adalah ….
       A. jarak antara sumbu roda right main wheel  dan left main wheel
       B. hambatan yang terjadi pada under carriage aircraft ketika landing
       C. jarak antara nose wheel axle dengan main wheel axle aircraft
       D. jarak minimum yang diperbolehkan fuselage dengan ground
       E. gesekan yang terjadi antara wheel dengan ground saat landing


44. Jenis under carriage ditinjau dari posisinya di pesawat terbang yaitu …,
       A. convensional landing gear dan cantilever feet landing gear
       B. tricycle landing gear dan brace feet landing gear
       C. conventional landing gear dan tricycle landing gear
       D. brace feet landing gear dan cantilever feet landing gear
       E. fixed landing gear dan retractable landing gear

45. Jenis under carriage ditinjau dari pemasangan di pesawat terbang yaitu …,
       A. convensional landing gear dan cantilever feet landing gear
       B. tricycle landing gear dan brace feet landing gear
       C. conventional landing gear dan tricycle landing gear
       D. brace feet landing gear dan cantilever feet landing gear
       E. fixed landing gear dan retractable landing gear

46. Scisor pada under carriage aircraft adalah ….
       A. jarak antara sumbu roda right main wheel  dan left main wheel
       B. auto brake system yang menjamin pengereman pakem ketika landing
       C. system yang menjamin wheel tetap lurus kedepan tetapi bias naik turun
       D. jarak minimum yang diperbolehkan fuselage dengan ground
       E. gesekan yang terjadi antara wheel dengan ground saat landing

47. Track pada under carriage aircraft adalah ….
       A. jarak antara sumbu roda right main wheel  dan left main wheel
       B. hambatan yang terjadi pada under carriage aircraft ketika landing
       C. jarak antara nose wheel axle dengan main wheel axle aircraft
       D. jarak minimum yang diperbolehkan fuselage dengan ground
       E. gesekan yang terjadi antara wheel dengan ground saat landing

48. Tread adalah bagian dari ban pesawat terbang yang terbuat dari ….
       A. fabric benang nylon untuk melapisi bagian dalam ban
       B. paduan karet tahan gesekan kembangnya tergantung dari landasan
       C. kawat baja berlapis sebagai karet tempat duduk pelg
       D. benang nylon yang berlapis karet khusus supaya tahan lama
       E. kawat baja yang dilapisi benang nylon yang memperkuat posisi ban

49. Bead adalah bagian dari ban pesawatterbang yang terbuat dari ….
       A. fabric benang nylon untuk melapisi bagian dalam ban
       B. paduan karet tahan gesekan kembangnya tergantung dari landasan
       C. kawat baja berlapis sebagai karet tempat duduk pelg
       D. benang nylon yang berlapis karet khusus supaya tahan lama
       E. kawat baja yang dilapisi benang nylon yang memperkuat posisi ban

50.  Arti dari ukuran ban 20 x 6,40 x 9,50 inc adalah ….
      A. diameter ban 20 inc, lebar ban 6,40 inc dan diameter bead 9,50 inc
      B. lebar ban 20 inc, diameter beat 6,40 inc dan diameter ban 9,50 inc
      C. lebar breacker 20 inc, diameter bead 6.40 inc dan diameter ban 9,50 inc
      D, diameter ban 20 inc, diameter bead 6,40 inc dan lebar ban 9.50 inc
      E. lebar ban 20 inc, lebar beat 6,40 inc dan diameter ban 9,50 inc



SELAMAT MENGERJAKAN SOAL A/C STRUCTURE KELAS III EA

TAHUN 2015



Download File

2 komentar: